Kawat

Damien Hirst Menampilkan Kekayaan Seni Kuno dari Kapal yang Tenggelam

Kalendar batu karya Damien Hirst | Foto: Miguel Medina/AFP/ Getty Images

Seniman kontemporer terkemuka asal Inggris, Damien Hirst, meluncurkan pameran fenomenal di Venezia, Italia, dengan judul “Treasures from the Wreck of the Unbelievable.” Seperti diberitakan Artnet, pameran tersebut berkisah tentang kapal pengangkut benda-benda seni kuno yang karam di Afrika Timur pada 2000 tahun yang lalu.

Kalendar batu karya Damien Hirst | Foto: Miguel Medina/AFP/ Getty Images

Dalam pameran tersebut, Hirst menampilkan kekayaan artistik kuno yang telah punah dalam format dialog dengan seni masa kini. Kita akan melihat artefak jam kuno, patung dewa-dewi dari banyak kebudayaan, marmer dan keramik yang usang, yang dikemas sedemikian rupa seperti penuh cacing, patah-patah, kesan aus karena pengaruh air laut, citra eksotis dan fantastik yang menjadi satu. Namun, pada saat yang sama, di sana juga terdapat Mickey Mouse, “dewa” dari masa sekuler zaman ini, serta sosok-sosok dari Game of Thrones.

Video penyelaman untuk menemukan “karya-karya kuno”| Foto : Miguel Medina/AFP/Getty Images

Pameran tersebut juga mengetengahkan film tentang tim penyelam saat menemukan kapal kuno tersebut. Sedianya, demikianlah ceritanya, kapal tersebut hendak membawa koleksi benda-benda seni tersebut pada sebuah museum di sebuah pulau yang entah apa. Dengan cara itu, tampak sebuah gugusan dari capaian berbagai peradaban dengan cara menembus lanskap waktu, dengan segala obsesi manusia akan pemujaan, keunggulan, dan kemegahan, juga kisah tentang perbudakan dan penjajahan. Dan sesuai bentuk yang tidak sempurna dari karya-karya itu, obsesi tersebut sekaligus juga menunjukkan kesementaraan.

Patung Garuda karya damien Hirst | Foto : Miguel Medina/AFP/Getty Images

Damien Steven Hirst lahir pada 7 Juni 1965. Ia adalah seniman, pengusaha dan kolektor seni asal Inggris dan merupakan sosok paling menonjol dari Young British Artists. Ia telah mendominasi seni rupa Inggris sejak tahun 1990-an dan disebut sebagai salah seorang seniman terkaya yang masih hidup dengan jumlah mencapai 215 juta pounsterling pada di 2010. Popularitas dan kekayaan Hirst tersebut salah satunya berkat tangan dingin kolektor Charles Saatchi. Namun hubungan keduanya berakhir pada tahun 2003.

To Top