Kawat

Bulan Ramadhan, Studiohanafi Membuka Program Residensi Tentang Literasi Agama

Islamic center Tubaba | Foto; Lampung Terkini

Studiohanafi, sebuah institusi seni di bawah pelukis Hanafi yang bertempat di Jakarta, mengisi program residensi di bulan ramadhan dengan tema “Literasi Agama”. Program tersebut akan berlangsung di Masjid Baitus Shobur, Tulang Bawang Barat (Tubaba), dengan mengahdirkan para ahli yang kompeten dalam bidang keagamaan.

Residensi Ramadan yang digagas oleh studiohanafi bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Tubaba-Lampung akan berlangsung pada 4-18 Juni 2017  di Masjid Baitussobur, Islamic Center- Tulang Bawang Barat, Lampung. Tema “Literasi Agama” merupakan ikhtiar untuk meningkatkan kemampuan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam agama dari perspektif yang kontekstual.

“Dangkalnya pemahaman agama menyebabkan prilaku intoleransi dalam kehidupan masyarakat mudah terjadi. Maka, literasi agama adalah salah satu kunci untuk mengatasinya” tutur Adinda Luthvianti dalam pengantar konsep Residensi Ramadan.

Residensi Ramadan diperuntukan bagi santri muda, pelajar, dan kaum muda di Tubaba (Tulang Bawang Barat). Materi residensi berbasis Al-Quran dan dibagi ke dalam beberapa mata ajar di antaranya: Kajian tafsir oleh ustadz Ulil Absor (Tubaba), qiroatul qur’an oleh ustadz rizki shadikin (Aceh), ilmu dakwah oleh ustadz maghfur (Yogyakarta), kaligrafi oleh ustadz hanafi (Jakarta) dan ustadz anzib (Yogyakarta) dan bimbingan teater religi oleh ustadz Semi Ikra Anggara (Bandung). Seluruh mata ajar dalam residensi ini berdasarkan atas pijakan surat-surat di  Al-Quran.

Pelaksanaan residensi ramadan akan dibuka pada 4 Juni 2017 pukul 17.00 WIB di Masjid Baitussobur, Islamic Center- Tulang Bawang Barat, Lampung dengan pembacaan ayat suci al’Quran bersama mentor Qiraah, saritilawah (peserta teater relijius). Sambutan dari petugas Departemen Agama Tubaba, sambutan dari Umar Ahmad, bupati Tubaba sekaligus membuka acara residensi Ramadan dan ditutup dengan buka puasa bersama.

 

 

To Top